Mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) Unikarta, Dwi Pramono, lolos seleksi perdana untuk mengikuti program magang pertanian ke Jepang. Program magang pertanian merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian RI dengan Pemerintah Jepang.

“Satu mahasiswa kami lolos seleksi magang ke Jepang, ” jelas Dosen Pemandu Faperta Unikarta, Erwin, Kamis 15 April 2021.

Erwin mengatakan, program magang tersebut rutin setiap tahun. Namun, karena pandemi COVID-19, tahun 2020 tertunda. Lalu dilanjutkan tahun ini. “Seleksi perdananya Februari lalu, ” ucapnya.

Erwin melanjutkan, seleksi peserta magang lumayan ketat. Meliputi test IQ, aktif di organisasi pertanian, dan sudah terjun di pertanian, serta siap tinggal di Jepang. Program tersebut dikhususkan bagi pemuda millenial pertanian di Indonesia.

Mencari pemuda tani yang akan mengikuti program tersebut agak sulit di Kukar. Banyak yang lolos tapi mundur di tengah jalan.

“Dari sembilan pemuda Kukar yang mendaftar, yang lolos hanya dua orang. Banyak yang mundur karena rata-rata tidak siap berpisah dengan keluarganya di Indonesia, ” jelasnya.

Dia mengaku mendorong Dwi sejak masih kuliah di Faperta pada semester akhir untuk berjuang mengikuti program tersebut. Jika lolos di tahap seleksi selanjutnya, maka Dwi akan magang di Jepang selama 3-5 tahun.

“Dwi aktif di kelompok tani Kelurahan Maluhu dan juga aktif di Karang Taruna. Dia juga aktif bertani, ” ujarnya.

Dwi menuturkan akan mengikuti seleksi lanjutan pada 21 Mei 2021 mendatang. Tes nanti meliputi kemahiran berbahasa asing serta kemampuan pertanian dasar.

“Pemuda yang mengikuti program tersebut ada dua pilihan, yang magang akan menerima upah sesuai hasil panen. Sedangkan yang bekerja akan menerima gaji sebesar UMR di Jepang,” pungkasnya.

sumber : https://headlinekaltim.co/mahasiswa-unikarta-lolos-seleksi-tahap-pertama-magang-pertanian-ke-jepang/

Penulis: Andri
Editor: MH Amal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *